Sunday, May 06, 2007

Binhad Nurrohmat Has Got No Balls, Or Brain!

Saya geli sekaligus ngeri membaca Binhad Nurrohmat dalam "Menganiaya Puisi …" (Kompas, 21 Mei 2006) begitu marah pada "kritik gadungan" yang "menyatakan kesimpulan tanpa data yang komprehensif, tanpa fakta yang tepat, dan tanpa analisa maupun pembuktian yang meyakinkan," (ini di alinea 2) tapi sampai alinea 6 waktu dia mengulangi lagi pidatonya, "Mari menilai dan mohon jangan menduga belaka secara subyektif, tanpa data yang komprehensif, tanpa fakta yang tepat, dan tanpa analisa serta pembuktian yang meyakinkan," dia sendiri pun belum juga menunjukkan sedikit pun "data yang komprehensif", maupun "fakta yang tepat", apalagi "analisa serta pembuktian yang meyakinkan" tadi. Dan sampai tulisan ini berakhir 3 alinea kemudian semua hal yang dikoarkan Binhad harus muncul dari mulut seorang kritik itu tetap saja tidak muncul dari mulutnya sendiri.

Salah satu "kritik gadungan" ini adalah F Rahardi yang menurut Binhad "menuduh puisi penyair generasi terkini kalah oleh puisi penyair generasi terdahulu, puisi penyair Jakarta tertinggal jauh dari puisi penyair Bali dan Lampung, dan puisi penyair generasi terkini kalah mutu dengan cerpen dan novel terkini."

Menurut saya kesimpulan Binhad tentang tuduhan F Rahardi itu agak melenceng. Tuduhan F Rahardi pada puisi generasi terkini sebenarnya jauh lebih kejam. Dalam tulisannya ("Umbu dan Puisi Indonesia Modern", Kompas, 14 Mei—seminggu sebelum balasan Binhad) F Rahardi menyatakan, "… dalam sepuluh tahun terakhir ... tidak ada puisi bagus."

Sesungguhnya kalau Binhad ingin membuktikan bahwa tuduhan ini salah, gampang. Tunjukkan saja sebuah contoh "puisi bagus" dari sepuluh tahun terakhir ini! Satu puisi pun akan sekaligus menjadi "data yang komprehensif, fakta yang tepat, dan analisa serta pembuktian yang meyakinkan" yang didamba-dambakan Binhad dari tadi.

Tapi pembuktian yang diberikan Binhad justru argumen-argumen ad hominem yang sekedar menempelkan stiker-stiker mengerikan pada jidat komentator-komentator puisi Indonesia: "nostalgis", "provinsialistik", "suka mencomot kesimpulan dari gerundelan pribadi", "dangkal", "antik", "omong besar", "melantur", "ajaib", "berbunga-bunga", dan masih banyak lagi.

Sekalinya Binhad mengalihkan perhatian dari mencerca kritik gadungan dan mencoba memberi pembelaan untuk yang dikritik dia hanya menyatakan, "Hampir sepanjang dua dasawarsa ini, hampir semua koran edisi Minggu di negeri ini dan juga situs-situs puisi di internet menampilkan puisi-puisi para penyair generasi terkini yang jumlahnya tak tertandingi sepanjang sejarah puisi Indonesia modern." Jumlahnya! Begitu cepat Binhad lupa bahwa yang dikeluhkan F Rahardi, dan yang membuat Binhad sendiri begitu murka, adalah bahwa "tidak ada puisi bagus". Bukan bahwa tidak ada puisi.

Memang kemudian Binhad meneruskan bahwa mungkin masalahnya "puisi-puisi yang jumlahnya tak tertandingi sepanjang sejarah puisi Indonesia modern" tadi ("data"-mu "yang komprehensif" untuk ini mana, Binhad?) "belum semuanya dijamah, diendus, dan dirogoh secara representatif dan saksama oleh kritikus manapun". Tapi bukannya ini satu lagi kesempatan, pas sekali, untuk menunjukkan satu, satu saja ayo, "puisi bagus" tadi? Kalau tidak ada yang mau merogoh, ya rogoh saja sendiri!

Tapi tidak, Binhad sampai akhir tulisannya hanya memaparkan bagaimana kehidupan para penyair generasi terkini begitu berbeda dari penyair generasi sebelumnya (eg. "bisa 'berguru' melalui internet", tidak perlu "ngutil buku semacam Chairil Anwar"). Yang gampang ditebak mengarah ke permohonan klise supaya "kritik-kritik gadungan" tadi jangan menilai puisi-puisi penyair generasi terkini dengan nilai-nilai yang mereka pakai untuk menilai penyair-penyair generasi sebelumnya.

Tetap saja, menyatakan bahwa "zaman sudah berubah dan bergerak cepat" tidak sama dengan membuktikan bahwa zaman itu sudah menghasilkan puisi bagus. Binhad tetap tidak bisa melihat bahwa yang perlu dia lakukan hanyalah memberi satu contoh saja sebuah "puisi bagus"; itu cukup untuk mematahkan tuduhan F Rahardi.

Kenapa, misalnya, Binhad tidak menyebutkan saja sajaknya "Columbus" yang dimuat di halaman Sajak Sajak Kompas Minggu 30 April 2006, dan menantang F Rahardi untuk membuktikan bahwa puisi itu bukan "puisi bagus"? Atau membandingkannya sendiri dengan, misalnya, sajak F Rahardi "Burung Madu" yang dimuat di halaman yang sama seminggu kemudian? Menurut saya beberapa larik dalam "Columbus", eg. "Tak ada rindu di punggungmu yang kekar", "dan api tualang membakar alamat rumah", atau "mata jangkar capek merobek punggung udara", cukup memenuhi syarat-syarat "kepenyairan tulen" yang dituntut Binhad sendiri, yang "intim dengan suka-duka, manis-getir, serta bobrok-mulianya kenyataan zamannya luar dalam." Apa Binhad kurang percaya diri?

Tulisan Binhad ini, selain tidak bisa membuktikan salahnya tuduhan F Rahardi bahwa "sepuluh tahun terakhir ini tidak ada puisi bagus", justru secara tidak sadar membuktikan tuduhan (antara lain) Katrin Bandel dalam eseinya "Sastra Koran di Indonesia" bahwa "[i]nformasi yang jelas, apalagi argumentasi yang masuk akal, sangat jarang terdapat dalam esei-esei [koran] itu. Entah karena memang tak ada penulis yang mampu atau karena 'memukul' dan menjelekkan lawan dan memuji-muji kawan dianggap sudah cukup." (Sastra, Perempuan, Seks, Jalasutra, 2006, hlm. 49.) Dalam kasus tulisan Binhad ini, saya rasa Katrin bisa menghapus "Entah" dan mengganti "atau" dengan "dan".

Sayang, Binhad. Karena kalau anda berhenti "memukul dan menjelekkan" sebentar saja, mungkin anda akan punya waktu untuk menemukan ini:

Re: Kota [2]

ada kota penuh kaki
muda, mulus, dan liar

inilah kaki dari senja emas

(Edo Wallad, Antologi Bunga Matahari, Avatar Press, 2005, hlm. 146.)

Sentimentil mungkin. Tapi bagus. Dan ditulis sepuluh tahun terakhir ini (6 Januari 2003 menurut keterangan bukunya). Habis perkara.

Mikael Johani sekarang tidak lagi harus menghabiskan waktunya pura-pura bekerja sebagai penyunting di Jurnal Perempuan.

1 Comments:

At 2:36 AM, Blogger Eko Nurhuda said...

Wah, Mas Binhad harus baca ini nih, terus cepat2 tanggapi. Jangan cuma cepat tanggap kalau ada juniornya yang cantik saja, terus diajak jalan dengan dalih ini-itu.

Oops, koq malah nyinggung yang itu. Maaf deh. Intinya, ayo sama-sama benahi dunia sastra Indonesia, jangan hanya bisa saling menjelekkan. Kata pepatah sih, "sesama orang jelek dilarang saling menjelekkan".

 

Post a Comment

<< Home